DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA KELAS IV SDN KARANG DUKUH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:L ISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Lisa. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) Pada Kelas IV SDN Karang Dukuh Kabupaten Barito Kuala.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH).

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang kurang terlibat secara aktif  dan kurang antusias dalam pembelajaran dan tidak ada pembelajaran yang bersifat ilmiah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar di kelas IV SDN Karang Dukuh Muatan IPA. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang tidak dilaksanakan dengan model-model pembelajaran, pada proses belajar siswa tidak berpikir kritis, terampil memecahkan dan menganalisis masalah dan tidak mampu berkomunikasi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahu aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa tema daerah tempat tinggalku muatan IPA di kelas IV SDN Karang Dukuh.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini dilakukan di SDN Karang Dukuh pada siswa kelas IV tahun pelajaran 2018/2019 dengan berjumlah 23 orang jenis data yang dilakuakan adalah data kualitatif kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh kriteria baik, pada pertemuan 2, 3 dan 4 memperolehi kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh kriteria kurang aktif,pada pertemuan 2 memperoleh kriteria aktif dan pada pertemuan 3 an 4 memperoleh kriteria sangat aktif. Pada hasil belajar pertemuan 1 mencapai 65,21%, pada pertemuan 2 mencapai 78,26%. pada pertemuan 3 mencapai 86,95% dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai 91,30%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SDN Karang Dukuh dan hipotesis dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI