DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING SESUAI POLA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INTRUCTION DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ISLAM MADINATURRAMLAH BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:INTAN PARAMITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Paramita, Intan. 2019. “Mengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui kegiatan (Menggunting Sesuai dengan Pola) Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction dan metode pemberian tugasdengan Media Gambar Pada Anak Kelompok B1 Taman kanak-Kanak Islam Madinaturramlah Banjarmasin Utara”.Skripsi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci: Motorik Halus, Menggunting Sesuai dengan Pola, Model Explicit Instruction dan metode pemberian tugas dengan Media Gambar.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah motorik halus dalam menggunting sesuai dengan pola masih kurang dikarenakan rendahnya aktivitas anak disekolah yaitu jarangnya diberikan pembelajaran menggunting saat disekolah serta anak tidak diberi kesempatan untuk menggunakan gunting karena guru yang sering khawatir mengingat anak menggunakan alat atau benda yang tajam. Untuk mengatasinya digunakan kombinasi model Explicit Instruction dan metode pemberian tugas dengan Media Gambar yang mempu memberikan pengalaman langsung serta dapat membuat pembelajaran menjadi lebih terarah, aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas, dan hasil perkembangan motorik halus anak kelompok B1 TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin Utara.

Penelitian ini dilaksanakan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 3 pertemuan dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setting penelitian adalah anak kelompok B1 TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin Utara yang berjumlah 13 anak. Data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dengan indikator ≥21 (Sangat baik), aktivitas anak dengan indicator ≥82% (Sangat aktif) dan hasil belajar pengembangan menggunting sesuai pola dengan indikator ≥ 80% atau lebih memperoleh bintang *** (Berkembang Sesuai Harapan).

Hasil penelitian menggunakan kombinasi Model Explicit Instruction dan metode pemberian tugas dengan Media Gambar dalam menggunting sesuai dengan pola pada aktivitas guru, aktivitas anak, serta hasil belajar pengembangan menggunting sesuai pola dapat dinyatakan berhasil.

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebihbaik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI