DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model Jigsaw, Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas V SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin
PENGARANG:FRYDA EKA NURAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Permasalahan yang terjadi di SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin pada siswa kelas V adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi usaha ekonomi dalam kesejahteraan masyarakat. Penyebabnya siswa tidak melibatkan diri dalam proses pembelajaran, pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan dan pembelajaran bersifat satu arah. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan model Jigsaw, Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas siswadan peningkatan hasil belajar siswa materi usaha ekonomi dalam kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas V SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru dianggap berhasil dengan kriteria sangat baik, untuk aktivitas siswa secara klasikal tergolong kedalam kategori sangat aktif dan untuk hasil belajar siswa secara klasikal juga telah terjadi peningkatan ketuntasan.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru-guru di sekolah dasar dapat menggunakan model Jigsaw, Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI