DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM MENGENDALIKAN SIKAP SABAR MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DAN MODEL DEMONSTRASI MELALUI PERMAINAN MENYUSUN GELAS PLASTIK PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ISLAM MADINATURRAMLAH BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:HELDA SARI SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Safitri, Helda Sari. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Dalam Mengendalikan Sikap Sabar Melalui Permainan Menyusun Gelas Plastik Menggunakan Metode Bercerita dan Model Demonstrasi Pada Anak Kelompok B1 di Tk Islam Madinaturramlah Banjarmasin utara”.Skripsi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci: Sosial Emosional , mengendalikan sikap sabar melalui permainan menyusun gelas plastik menggunakan Metode Bercerita, Model Demonstrasi.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Sosial Emosional dalam mengendalikan sikap sabar melalui permainan menyusun Gelas plastik dikarenakan rendahnya aktivitas Anak di Sekolah yaitu kurang di tanamkan nilai kesabaran pada Anak serta rendahnya kemampuan anak dalam mengendalikan diri karena guru yang kurang melakukan pendekatan kepada anak dan memberi pengetahuan tentang pentingnya kesabaran atau mengendalikan diriuntuk mengatasinya di gunakan Metode Bercerita dan Model Demonstrasi yang mampu mengendalikan sikap sabar pada Anak karna Guru terlebih dahulu Bercerita sehingga Anak akan lebih faham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas, dan hasil perkembangan Sosial Emosional anak kelompok B1 TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin Utara.

Penelitian ini dilaksanakan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 3 pertemuan dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setting penelitian adalah anak kelompok B1 TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin Utara yang berjumlah 13 anak. Data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru mencapai 20-25dengan kriteria (Sangat baik), aktivitas anak dengan indicator ≥82% (Sangat aktif) dan hasil belajar mengendalikan sikap sabar melalui permainan menyusun gelas plastik  dengan indikator ≥ 82% atau lebih memperoleh bintang *** (Berkembang Sesuai Harapan).

Hasil penelitian menggunakan Metode Bercerita dan Model Demonstrasi menyusun gelas plastik pada aktivitas guru, aktivitas anak, serta hasil belajar mengendalikan sikap sabar menyusun gelas plastik dapat dinyatakan berhasil.

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI