DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran PKn Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dikombinasikan dengan Explicit Instruction dan Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas IVA SDN Cindai Alus 2 Martapura Kabupaten Banjar
PENGARANG:KHOIRUN NAFISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


 

 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Nafisah, Khoirun. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran PKn Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dikombinasikan dengan Explicit Instruction dan Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas IVA SDN Cindai Alus 2 Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi., M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema 8,Daerah Tempat Tinggalku, PKn, Student Teams Achievement Divisions, Explicit Instruction, dan Numbered Head Together.

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Keberagaman Karakteristik Individu dari KKM yang ditetapkan sekolah ≥70, dimana yang mencapai ketuntasan hanya 58,33% (21 orang dari 36 siswa). Disebabkan karena kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini akan diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model Student Teams Achievement Divisions, Explicit Instruction, dan Numbered Head Together.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Cindai Alus 2 Martapura.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Setting penelitian yakni siswa kelas IVA semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SDN Cindai Alus 2 Martapura dengan jumlah siswa 35 orang terdiri dari 20 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan soal-soal untuk hasil evaluasi belajar siswa.

            Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru sudah mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal ≥70 dan ketuntasan klasikal ≥80%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dikombinasikan dengan Explicit Instruction dan Numbered Head Together (NHT) maka hasil belajar siswa pada pelajaran PKn Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku pada siswa Kelas IV A SDN Cindai Alus 2 Martapura dinyatakan meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI