DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKOMBINASI DENGAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DUA DIMENSI SISWA KELAS IV SDN 2 KOMET BANJARBARU
PENGARANG:MAYLITA Z
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Z, Maylita 2019. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Tema 9 Kayanya Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dikombinasi Dengan Example Non Example Dan Media Pembelajaran Dua Dimensi Siswa Kelas IV SDN 2 Komet  Banjarbaru”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. H. Hardiansyah, M.Si.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kayanya Negeriku, Problem Based Learning (PBL),     Example Non Example, Dua Dimensi

 

Permasalahan pembelajaran di kelas yang terjadi adalah siswa cenderung belum mampu berpikir kritis dan berkreativitas, sebagian terlihat pasif ketika bekerja sama dalam kelompok dan tidak terbiasa mengungkapkan argumen, siswa hanya menunggu arahan dari guru, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung, dan metode pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yaitu menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Example Non Example dan media Dua Dimensi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar Tema Kayanya Negeriku pada siswa kelas IV SDN 2 Komet  Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 2 Komet  Banjarbaru tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 32siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi Problem Based Learning (PBL), Example Non Example dibantu media Dua Dimensi tema kayanya negeriku pada aktivitas guru telah dilaksanakan dengan kriteria sangat baik. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dengan kriteria sangat aktif. Pada ketuntasan hasil belajar secara klasikal mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditentukan.

Dari hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Example Non Example dan media Dua Dimensi sebagai rujukan alternatif model-model pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI