DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS IV SDN 1 LANDASAN ULIN TIMUR
PENGARANG:EKA LUSYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Lusyani, Eka. 2019. "Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Landasan Ulin Timur”. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M. Si

Kata kunci : Hasil belajar muatan IPS, Kayanya Negeriku, Group Investigation, Mind Mapping, Course Review.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya hasil belajar muatan IPS siswa pada tema Kayanya Negeriku. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku dalam muatan IPS menggunakan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping dan Course Review Horay pada siswa kelas IV SDN 1 Landasan Ulin Timur. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan hasil belajar siswa yaitu pada tema Kayanya Negeriku.

Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 siklus yang dilaksanakan pada siswa IV SDN 1 Landasan Ulin Timur, dengan jumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 13 orang anak laki-laki dan 15 orang anak perempuan. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang cara pengumpulan datanya didapat dari hasil belajar siswa. Analisis data secara kualitatif dikatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai skor 81-100 dengan kategori Sangat Baik, aktivitas siswa secara klasikal dengan skor 81-100 dengan kriteria seluruhnya aktif dan indikator ketuntasan hasil belajar kognitif secara klasikal dengan skor 81 (seluruhnya tuntas), afektif secara klasikal 81% (sudah berkembang), dan psikomotorik secara klasikal dengan skor 81 (sangat baik).

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 65 kategori Baik sampai pertemuan ke IV mencapai skor 96 kriteria Sangat Baik, aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I memperoleh persentase 42 dengan kriteria sebagian aktif sampai pertemuan IV meningkat menjadi 85 dengan keterangan hampir seluruhnya aktif, dan pada hasil belajar anak secara klasikal kognitif, afektif dan psikomotorik dari pertama hingga terakhir meningkat hingga mendapatkan keterangan Tuntas.

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model Group Invetigation, Mind Mapping dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPS siswa pada tema Kayanya Negeriku pada siswa kelas IV SDN 1 Landasan Ulin Timur. Dan karena itu kedepannya direkomendasikan agar guru dapat menggunakan model atau metode sebagai alternatif untuk pembelajaran siswa agar menarik dan aktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI