DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak dalam Memperlihatkan Kemampuan Diri untuk Menyesuaikan dengan Situasi Menggunakan Kombinasi Model Bercerita, Model Talking Stick dan Meaningful Instructional Design dengan Media Flash Card pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Perumnas Banjarmasin Utara
PENGARANG:UMI KULSUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


ABSTRAK

Kulsum,Umi. 2019. Upaya Mengembangkan Aspek Sosial Emosinal Anak Dalam Memperlihatkan Kemampuan Diri Untuk Menyesuaikan Dengan Situasi  Menggunakan Kombinasi Model Bercerita, Model  Talking Stick Dan Model Meaningful Instructional Design Dengan Media Flash Card Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Perumnas Banjarmasin Utara. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof.Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Bercerita, Model  Talking Stick Dan Model Meaningful Instructional Design Dengan Media Flash Card .

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya rasa saling menghargai mengakibatkan rendahnya rasa saling percaya diri pada materi memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi Kelompok B TK Perumnas Banjarmasin Utara. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi Model Bercerita, ModelTalking Stick dan ModelMeaningful Instructional Designdengan Media Flash Card. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Perumnas Banjarmasin Utara tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  18 anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 28,57%, pertemuan II mencapai 44,44%, pertemuan III mencapai 88,89%, dan pertemuan IV mencapai 94,44%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Model Bercerita, Model  Talking Stick Dan Model Meaningful Instructional Design Dengan Media Flash Card dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI