DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, MAKE A MATCH DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN TABING RIMBAH 1 BARITO KUALA
PENGARANG:MULIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Kunci: Group Investigation, Make a Match dan Course Review HorayPermasalahan dalam penelitianini siswa belum terbiasa memecahkan permasalahan, kurangnya siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru selama proses pembelajaran sehingga mempengaruhi rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajaryang masih dibawah KKM 70.Permasalah tersebut dikarenakan, kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, siswa kurang terbiasa berpikir kritis, proses pembelajaran didominasi siswa yang pintar sehingga siswa yang lain menjadi pasif karena minimnya interaksi antar siswa dan kurangnya kerjasamaantar teman, sehingga siswa merasa bosan terhadappembelajaran,solusi untuk masalah tersebut,penelitimenggunkan kombinasi model Group Investigation, Make aMatch dan Course Review Horay.Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa materi manfaat persatuan dan kesatuan di Indonesia.Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan diKelas V SDN Tabing Rimbah 1 Barito Kuala semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 20 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalan data proses dan hasil. Data proses diperoleh melalui observasiaktivitasguru danaktivitassiswa dengan indikator keberhasilan aktivitas guru apabila mencapai skor ≥30 dengan kriteria “Sangat Baik”, untuk aktivitas siswa secara klasikal mencapai ≥80% berada pada kriteria Aktif dan Sangat Aktif”. Data hasil diperoleh melaluites tertulis secara individual, hasil belajarmencapai≥70 secara klasikalmencapai≥80% dari jumlah siswa memperoleh nilai ≥70.Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru mencapaiskor 34 kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai 100%kriteria aktif dan sangat aktif dan hasil belajar siswamencapai 100% telah memenuhi indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan.Hasil penelitian yang sudah dilaksanakandapat disimpulkan aktivitas guru berhasil dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa berhasil dengankriteria aktif dan sangat aktif dan hasil belajar secara keseluruhan mengalami peningkatan. Peneliti berharapguru-gurumencobamenerapkannyasebagaialternatifdalam mengatasi permasalahan pembelajaranuntuk meningkatkam aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bisa juga dijadikan kajian untuk melaksanakan penelitian lanjutan yang lebih inovatif dan kreatif.
 
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI