DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODELINKUIRI TERBIMBING, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS IV SDN BERANGAS 1 BATOLA
PENGARANG:NAZAR ARIFIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, tidak adanya variasi, dan kurangnya penggunaan media, Hal itu berakibat pada kurang bermaknanya pembelajaran,kurangnya aktivitas siswa, dan kurang bersemangat dalam belajar. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA tema kayanya negeriku di kelas IV SDN Bangas 1. Dilihat dari nilai hasil ulangan dengan KKM 70 pada tahun 2017/2018 dari 24 orang siswa hanya 10 orang atau 42% siswa yang mencapai ketuntasan. Untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema kayanya negeriku pada kelas IV SDN Berangas 1 peneliti menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together, Dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam empat pertemuan. Dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Data dianlisis dari hasil observasi dan tes evaluasi belajar. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pematang Panjang tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 12 orang siswa orang laki-laki dan 12 orang siswa perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru padapertemuan 1 memperoleh skor 29 meningkat pada pertemuan 4 menjadi 37 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 46% ketuntasan klasikal dengan kriteria cukup aktif meningkat pada pertemuan 4 menjadi 96% ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 46% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 96% ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam dengan menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together, dan Course Review Horay dapat meningkatkan dari segi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Berangas 1. Disarankan kepada guru agar dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Khususnya tema kayanya negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI