DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM MENGENDALIKAN PERASAAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE BERCERITA MODEL ROLE PLAYING DAN MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A TK CAHAYA BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:ALISA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Rahmah, Alisa. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Dalam Mengendalikan Perasaan Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita,  Model Role Playing, Dan Model Talking Stick Pada Anak Kelompok A Tk Cahaya Banjarmasin Selatan. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Dosen Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci : Sosial Emosional,Mengendalikan perasaan, Metode Bercerita, ModelRole Playing, model Talking Stick

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aspek sosial emosional anak dalam mengendalikan perasaan dikarenakan anak egosentris,kurangnya pemberian contoh dalam sikap sabar menunggu giliran, dan kurangnya kegiatan untuk mengekspresikan emosi anak. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan dalam meluapkan perasaan dan kurang memahami perasaan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan dalam mengendalikan perasaan menggunakan kombinasi metode Bercerita, model role playing dan model talking stick.

 Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Cahaya Banjarmasin Selatan yang berjumlah 11 orang anak. Data penelitian diperoleh dari data kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini dengan aktivitas guru mencapai ≥25 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak mencapai ≥82 dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil pengembangan anak minimal mendapat bintang êêê.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi metode Bercerita, model Role Playing dan Model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 45% berkembang pada pertemuan III memperoleh nilai 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”, pada hasil pencapaian perkembangan sosial emosional anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan  4 anak memperoleh êêê (Berkembang Sesuai  Harapan) dan 7 anak memperoleh bintang êêêê (Berkembang Sangat Baik) dengan persentase 100%.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan kombinasi metode Bercerita, model Role Playing dan Model Talking Stick  dapat mengembangkan kemampuan aspek sosial emosionalanak dalam mengendalikan perasaan pada anak Kelompok A TK Cahaya Banjarmasin” dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pembembangan kemampuan aspek sosial emosional dalam mengendalikan perasaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI