DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD), THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS IV SDN ALALAK TENGAH 2 BANJARMASIN
PENGARANG:NORKIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


ABSTRAK

Norkiah. 2019Meningkatkan Hasil Belajar  IPA Tema 4 Berbagai Pekerjaan Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Think Pair and Share (TPS) dan Make a Match Siswa Kelas IV SDN Alalak Tengah 2 Banjarmasin”. Skripsi, Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd,Ph.D

Kata Kunci: Hasil Belajar, Muatan IPA Tema 4 Berbagai Pekerjaan, Student Teams Achievement Division(STAD), Think Pair and Share (TPS), Make a Match.

Permasalahan yang  mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya motivasi, serta aktivitas guru masih mendominasi pembelajaran, walaupun guru ada sedikit berpedoman pada buku guru yang menggunakan pendekatan saintifik, tapi hal ini masih dirasakan kurang dalam hal mengaktifkan siswa. Model Student Teams Achievement Division(STAD), Think Pair and Share (TPS) dan Make a Matchadalah salah satu alternatif pilihan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalilis hasil belajar siswa dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division(STAD), Think Pair  and Share (TPS) dan Make a Match  Muatan IPA Tema 4 di kelas IV SDN Alalak Tengah 2 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun setting penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV  SDN Alalak Tengah 2 Banjarmasin pada semester ganjil tahun ajaran  2018/2019  dengan jumlah siswa 16  yang terdiri dari   7  perempuan dan 9  laki-laki. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi skor 42-50 dengan kategori sangat aktif, aktifitas siswa memenuhi 85% dari siswa yang aktif dan sangat aktif, dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal 85% siswa mendapat nilai 70.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan kombinasi  model Student Teams Achievement Division(STAD), Think Pair and Share (TPS) dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terlihat pada aktivitas guru memperoleh skor 47 dengan  kategori sangat aktif, aktivitas siswa juga meningkat dari 43,75% menjadi 87,5% dan hasil belajar dari 31,25% menjadi 93,75%.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Student Teams Achievement Division(STAD), Think Pair and Share (TPS)dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA Tema 4 Berbagai Pekerjaan di kelas IV SDN Alalak Tengah 2 Banjarmasin dan disarankan kepada guru supaya bisa menerapkan model Student Teams Achievement Division(STAD), Think Pair and Share (TPS)dan Make a Match Siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI