DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, MODEL PICTURE AND PICTURE, MODEL SCRAMBLE PADA SISWA KELAS 4 SDN ANJIR PASAR KOTA 2
PENGARANG:MUHAMMAD HASFI YANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Berdasarkan hasil observasi SDN Anjir Pasar Kota 2 tahun ajaran 2018/2019 hasil belajar siswa menunjukkan dari 14 siswa hanya 9 orang siswa atau 65% yang berhasil mencapai KKM 70, sedangkan sisanya 5 orang siswa atau 35% siswa tidak berhasil mencapai KKM. Hal ini disebabkan pembelajaran hanya di dominasi oleh guru, guru tidak menentukan topik yang ingin di tulis menjadi karangan serta siswa merasa bosan terhadap proses pembelajaran, akhirnya siswa mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan kombinasi model Contextual Teaching and Learning (CTL), model Picture and Picture, dan model Scramble. Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi menulis karangan narasi menggunakan kombinasi model Contextual Teaching and Learning (CTL), model Picture and Picture, dan model Scramble.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di kelas 4 SDN Anjir Pasar kota 2 yang berjumlah 14 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Data analisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian dengan kombinasi model Contextual Teaching and Learning (CTL), model Picture and Picture, dan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 27 kualifikasi baik meningkat pada pada pertemuan 3 memperoleh skor 36 kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 50% meningkat pada pertemuan 3 mencapai 93% dengan ketuntasan klasikal sesuai dengan hasil yang diharapkan dan hasil belajar meningkat sesuai ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu siswa mendapat nilai ≥ 70.

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Contextual Teaching and Learning (CTL), model Picture and Picture, dan model Scramble dapat meningkatkan aktivitas siswa serta hasilbelajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI