DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI, EKSPERIENTAL LEARNING DAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN PEMURUS DALAM 7 BANJARMASIN
PENGARANG:ANDRE FERDIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kombinasi Model Inkuiri, Eksperiental Learningdan Make a Match.Permasalahan dalam penelitian ini adalahproses pembelajaran masih minim menggunakan model dalampembelajaran, pembelajaran yang kurang melibatkan siswasecara aktif,sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelasIV SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin muatan IPA tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Inkuiri, Eksperiental Learning, dan Make a Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVsemester genap SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin tahun2018/2019, jumlah siswa sebanyak 31siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwadengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri, Eksperiental Learning, dan Make a Match,padaaktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kreteria sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Inkuiri Eksperiental Learning, danMake a Matchdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada sehingga sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan model tersebut inidijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI