DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA KOORDINASI SIMPANG BERSINYAL JALAN RAJAWALI – JALAN GARUDA (SIMPANG I) DAN JALAN RAJAWALI – JALAN TINGANG (SIMPANG II) KOTA PALANGKA RAYA
PENGARANG:MUHAMMAD IKHSAN SIDIQ
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-01-10


Ruas Jalan Rajawali merupakan ruas Jalan Kolektor dimana sepanjang jalan terdapat
banyak Pertokoan, Sekolah, Puskesmas, Hotel dan Perumahan Penduduk. Pada ruas Jalan
Rajawali terdapat 2 (dua) titik simpang bersinyal empat lengan dimana jarak antara kedua
titik persimpangan yaitu 540 meter. Kedua simpang yang berdekatan yaitu Jalan Rajawali
dan Jalan Garuda (simpang I) serta Jalan Rajawali dan Jalan Tingang (simpang II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kedua simpang pada kondisi eksisting
dan memberikan alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan pelayanan pada kedua
simpang bersinyal tersebut. Alternatif yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan
kedua kinerja simpang dengan cara merubah fase pada kedua simpang kemudian dilakukan
koordinasi sinyal pada kedua simpang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei
langsung pada kedua simpang. Adapun data yang diambil adalah volume kendaraan yang
melalui tiap simpang, waktu sinyal dan geometrik simpang. Data yang diperoleh digunakan
untuk mendapatkan kondisi eksisting yang akan menjadi acuan dalam merencanakan waktu
siklus baru dengan memperhatikan teori koordinasi. Sedangkan dalam melakukan
perhitungan untuk mendapatkan kinerja terbaik pada setiap simpang dilakukan dengan
pendekatan MKJI.
Hasil kinerja pada kondisi eksisting jam puncak siang menunjukkan nilai tundaan tertinggi
di simpang I sebesar 78,79 det/smp dengan tingkat pelayanan E, sedangkan pada simpang
II nilai tundaan sebesar 47,71 detik dengan tingkat pelayanan E untuk jam puncak siang.
Setelah dilakukan Skenario koordinasi sinyal dengan menyamakan kedua fase yaitu 3 fase
serta perubahan waktu siklus pada Simpang I selama 50 detik dan Simpang II selama 50
detik, diperoleh nilai tundaan rata–rata pada simpang I sebesar 27,38 det/smp dengan
tingkat pelayanan D untuk jam puncak siang dan simpang II sebesar 30,30 det/smp dengan
tingkat pelayanan D. Dengan adanya koordinasi sinyal terjadi perubahan tingkat pelayanan
simpang yang menunjukkan kinerja simpang yang lebih baik.


Kata Kunci
: Waktu Siklus, Tundaan, Tingkat Pelayanan, Koordinasi Simpang Bersinyal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI