DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DALAM MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DI KOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNG REMA MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD EKO ARIYONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Eko Ariyono, Muhammad. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema  Kayanya Negeriku Dalam Muatan PPKn  Menggunakan Model Mind Mapping Di Kombinasikan Dengan Model Numbered Heads Together (NHT) Dan Course Review Horay  Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Tanjung Rema Martapura.Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing:Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

Kata kunci : Hasil belajar, kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dengan Model Mind Mapping Dikombinasikan Dengan Model Numbered Heads Together(NHT)dan Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Hasil belajar PPKn materi Kewajiban dan Hak Sebagai Warga Masyarakat. Hal ini disebabkan karena siswa sulit memahami materi, kurangnya keaktifan siswa serta siswa cepat bosan dalam pembelajaran. Sehingga solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan modelMind Mapping dikombinasikan dengan Numbered Heads Together dan Course Review Horay.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi Kewajiban dan Hak SEbagai Warga Masyarakat di kelas IV SDN Tanjung Rema Martapura.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjung Rema Martapura tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.Sumber data diambil dari guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapat kategori baik, pada pertemuan 2 kategori baik dan  pada pertemuan 3 meningkat menjadi kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa juga telah mencapai indikator keberhasilanpada pertamuan 1 mendapat kategori cukup aktif, pada pertemuan 2 meningkat menjadi kategori aktif , dan pada pertemuan 3 meningkat menjadi kategori sangat aktif. Dari hasil belajar ketuntasan dapat dilihat dari pertemuan 1 mencapai 31.82%, pada pertemuan 2 meningkat menjadi 72.73% dan pada  pertemuan 3 meningkat menjadi 81.82%.

Berdasarkan temuan ini, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dikombinasikan dengan Numbered Heads Together dan Course Review Horaydapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian inovasi strategi pembelajaran serta hasil dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan pertimbangan bagi guru dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar serta sebagai bahan masukan dan invormasi bagi kepala sekolah dalam membina keterampilan mengajar guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI