DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING, STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD), DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RIFKI KHAIRIL OKBARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Okbari, Rifki, Khairil. 2019. Meningkatkan Aktivitas BelajarSiswa Muatan Pelajaran Matermatika Materi Pengukuran Sudut Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Posing, Student Teams Achievment Division (STAD) dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas IV SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Kombinasi Model Pembelajaran Problem Posing, Student Teams Achievment Division (STAD) dan Snowball Throwing.

             

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Karena siswa belum bisa menerima pembelajaran dengan metode pengajaran yang diberikan, kurangnya interaksi antara siswa dan guru dan keaktifan siswa yang tidak maksimal saat kegiatan belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 4 pelajaran Matematika. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Posing, Student Teams Achievment Division (STAD) dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pengukuran sudut pada siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin.

Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  36 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai62% (cukup baik), meningkat menjadi 97,8% (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 50% (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 94,5% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 55,6% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 91,7% pada pertemuan 4.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Problem Posing, Student Teams Achievment Division (STAD) dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pengukuran sudut di kelas IV SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI