DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Model Numbered Heads Together (NHT), dan Scramble Di Kelas V SDN Hatungun 2 Kabupaten Tapin.
PENGARANG:SITI WAHYU SHOLEHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Kata Kunci :Aktivitas Belajar, Zat Tunggal dan Zat Campuran. Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT) dan Scramble.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran. Penyebab rendahnya hasil belajar karena pembelajaran yang abstrak, berjalan satu arah dan monoton serta terkesan membuat siswa menghapal pembelajaran sehingga membuat aktivitas belajar rendah, siswa kurang aktif, siswa cenderung bekerja secara individu dan rendahnyamotivasi siswa untuk belajar.Oleh karena itu,perlu diadakan perbaikan melalui kombinasi modelInkuiri Terbimbing, model Numbered Head Together (NHT) dan Scramble.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk menganalisishasilbelajar siswa.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan.Subjekpenelitian adalah siswa Kelas V SDN Hatungun 2dengan jumlah 18 siswa. Data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakanteknik rumusrata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik,pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurungaktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 38,89%, pertemuan II mencapai 72,22%, pertemuan III mencapai 77,78%, dan pertemuan IV mencapai 94,44%.Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasimodel Inkuiri Terbimbing, model Numbered Head Together (NHT) dan Scrambledapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi zat tunggal dan zat campurandi kelas V SDN Hatungun 2dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran IPAmateri Zat Tunggal dan Zat Campuran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI