DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENEMUKAN INFORMASI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC), MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IVB SDN GAMBUT 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:M. RAYZALDI SUKMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Sukma, M.Rayzaldi. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan informasi Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas IVB SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah,ST.,M.Pd.

 

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH).

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya keterampilann membaca pemahaman siswa dalam menemukan informasi. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, pembelajaran masih bersifat satu arah, siswa tidak serius melakukan kegiatan membaca serta siswa tegang dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan Membaca Pemahaman yaitu melalui kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada keterampian membaca pemahaman dalam menemukan informasi.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  29. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25 hingga 35. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 48,27% hingga 85%. Hasil belajar aspek kognitif dari 48,3% hingga 100%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan dari 44,8% hingga 93,10%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 48,3% hingga 100% secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT),dan Course Review Horay (CRH)dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI