DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING, NUMBERED HEADS TOGETHER, DAN SCRAMBLE DI KELAS IV SDN 4 CEMPAKA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:RAMADHAN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, dari 26 siswa hanya 12 siswa yang tuntas dan 14 siswa tidak tuntas. Penyababnya pembelajaran hanya berpusat pada guru, siswa kadang merasa jenuh dan bosan, minimnya interaksi dan saling membantu antara siswa dalam proses pembelajaran, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Cempaka. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model Role Playing, Numbered Head Together,dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru,serta meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas,yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 4 Cempaka tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 26 siswa. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan 80%, dan KKM 65

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 31 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 92,57% kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal 100% pada pertemuan IV.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa  dan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi model Role Playing, Numbered Head Together, dan Scramble menigkat sesuai dengan hipotesis penelitian. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam pembelajaran untuk membina guru dan memberikan kebijakan dalam proses pembelajaransehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI