DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN PPKN MATERIKEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MENGGUNAKANMODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGANMODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TALKING STICKPADA SISWA KELAS IV SDNSIDOREJO 2 TAMBAN BARITO KUALA
PENGARANG:MARIA ULPAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa,Pembelajaran GroupInvestigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan TalkingStick

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Aktivitas BelajarSiswa. Karena siswa belum terlatih dalam menggali informasi, kurang aktifdalam bertanya dan memberikan pendapat sehingga mengakibatkan rendahnyahasil belajar siswa kelas IV SDN Sidorejo 2 Tamban pelajaran PPKn. Salah satuupaya meningkatkan Aktivitas siswa yaitu melalui kombinasi model pembelajaranGroup Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stickpada penelitian tindakan kelas di SDN Sidorejo 2 Tamban Barito Kuala. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa danuntuk meningkatkan hasil belajar siswa.Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yangdilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelasIV semester genap SDN Sidorejo 2 Tamban Barito Kuala tahun pelajaran2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa terdiri dari 6 siswa laki-lakidan 20 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dankuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa.Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secaraindividu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikatorketuntasan belajar yang ditetapkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan Imencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan IIImencapai sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitassiswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapaikriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IVmencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada padapertemuan I kognitif 42,3%, afektif 42,3% psikomotorik 15,38%, pertemuan IIkognitif 46,1%, afektif 46,1% psikomotorik 42,3%, pertemuan III kognitif 88,5%,afektif 80,1% psikomotorik 84,6%, dan pertemuan IV kognitif 96,1%, afektif96,1% psikomotorik 92,3%.Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi modelPembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) danTalking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankanbagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI