DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGUKURAN SUDUT DENGAN BUSUR DERAJAT MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN EXPLICIT INSTRUCTION (EI) DAN ALAT PERAGA JAM SUDUT PADA SISWA KELAS IV SDN KUPANG REJO KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Riska Putri Utami
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Putri Utami, Riska. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pengukuran Sudut dengan Busur Derajat Menggunakan Model Group Investigation   (GI) Dikombinasikan dengan Explicit Instruction (EI) dan Alat Peraga     Jam Sudut pada Siswa Kelas IV SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar.       Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas        Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat       Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs. Sutiyarso, S.Pd., M.Pd.      

 

Kata Kunci : Hasil  Belajar,  Pengukuran Sudut dengan Busur Derajat, Kombinasi                      Model  Group  Investigation  (GI), Explicit Instruction (EI) dan Alat                    Peraga Jam Sudut.        

 

            Permasalahan yang terjadi di kelas IV di SDN Kupang Rejo adalah kurangnya kegiatan pembelajaran dengan pendekatan dan model yang bervariasi sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang terlaksana hanya menggunakan metode penyampaian saja tanpa adanya demonstrasi, pembelajaran yang bersifat satu arah dan siswa tidak dilibatkan secara langsung sehingga siswa belum mendapatkan pengalaman konkrit dalam pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui model Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Explicit Instruction (EI) dan alat peraga jam sudut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, serta menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dengan skor ≥28 kategori sangat baik dan lembar observasi aktivitas siswa dengan jumlah persentase ≥80% kriteria sangat aktif, sedangkan data kuantitatif berupa tes atau soal evaluasi untuk hasil belajar dikatakan berhasil jika secara klasikal mencapai ketuntasan belajar 80% dengan nilai rata-rata ≥80.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif. Dan demikian pula pada ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal dinyatakan berhasil.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation (GI) dikombinasikan model Explicit Instruction (EI) dan alat peraga jam  sudut dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pengukuran sudut dengan busur derajat. Disarankan dengan penggunakan kombinasi model ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI