DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN PPKn MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPITITION (AIR), MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IVA SDN SUNGAI LULUT 5 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:FAISAL ADENAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Adenan, Faisal. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan PPKn Menggunakan Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repitition (AIR), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IVA SDN Sungai Lulut 5 Kota Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kombinasi Model Auditory Intellectually Repitition, Mind Mapping dan Course Review Horay.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa tidak tertantang berfikir kritis dan kreatif, kurang melibatkan diri secara aktif, tidak semua siswa berkembang secara positif, dan mudah bosan sehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa kelas IVA SDN Sungai Lulut 5 Kota Banjarmasin Muatan PPKn. Hal ini disebabkan pembelajaran satu arah dan kurang bermakna. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Auditory, Intellectually, Repitition (AIR), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA semester genapSDN Sungai Lulut 5 Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan descriptive analysis dan cross tabulation analysis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 47%, pertemuan II mencapai 63%, pertemuan III mencapai 80%, dan pertemuan IV mencapai 93%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Auditory, Intellectually, Repitition (AIR), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku di kelas IVA SDN Sungai Lulut 5 Kota Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan PPKn tema Kayanya Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI