DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DAN LETAK GEOGRAFIS INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, SNOWBALL THROWING DAN MEDIA PETA PADA SISWA KELAS V SDN PELAMBUAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MALUNYANGAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


Malunyangan. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia dengan Menggunakan Kombinasi  Model Group Investigation, Snowball Throwing dan Media Peta pada Siswa Kelas V SDN Pelambuan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

Kata Kunci:    Hasil Belajar, IPS, Pembagian Wilayah Waktu Indonesia,Karakteristik Geografis Indonesia, Group Investigation, Snowball Throwing,dan MediaPeta.

 

Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahnya hasil belajar siswa dikelas V SDN Pelambuan 1 Banjarmasin disebabkan karena kegiatan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan media konkret, dan kegiatan pembelajaran hanya bersifat klasikal. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  materi Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia dengan MenggunakanKombinasi  Model Group Investigation, Snowball Throwing dan Media Peta.

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  jenis  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Teknik analisis data yang  digunakan  adalah  analisis  data  kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh  melalui  teknik  pengukuran  hasil  belajar  berupa  tes  tertulis  siswa. Aktivitas  guru  dikatakan  berhasil  jika  terlaksana dengan  katagori  “Sangat  Baik”  dan aktivitas siswa mencapai katagori “Sangat  Aktif”. Hasil  belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

            Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru sudah terlaksana dengan kriteria sangat baik pada pertemuan  III. Aktivitas siswa pada pertemuan I berada pada kriteria aktif, sedangkan pada pertemuan II dan III berada pada kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 70,00%, pertemuan II mencapai 83,00%, dan pertemuan III mencapai 90,00%.

Berdasarkan  hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa  aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas seluruh siswa aktif, serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai  ketuntasan  secara  individu  maupun  klasikal  MenggunakanKombinasi  Model Group Investigation, Snowball Throwing dan Media Peta pada materi Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia.  Hasil  penelitian  ini  dapat disarankan  sebagai  alternatif  pemilihan  dan  penggunaan  model  pembelajaran  untuk mata pelajaran IPS Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia di kelas V.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI