DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DAN LETAK GEOGRAFIS INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, SNOWBALL THROWING DAN MEDIA PETA PADA SISWA KELAS V SDN PELAMBUAN 1 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | MALUNYANGAN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-10-31 |
Malunyangan. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia dengan Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Snowball Throwing dan Media Peta pada Siswa Kelas V SDN Pelambuan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Pembagian Wilayah Waktu Indonesia,Karakteristik Geografis Indonesia, Group Investigation, Snowball Throwing,dan MediaPeta.
Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahnya hasil belajar siswa dikelas V SDN Pelambuan 1 Banjarmasin disebabkan karena kegiatan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan media konkret, dan kegiatan pembelajaran hanya bersifat klasikal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia dengan MenggunakanKombinasi Model Group Investigation, Snowball Throwing dan Media Peta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh melalui teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika terlaksana dengan katagori “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai katagori “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru sudah terlaksana dengan kriteria sangat baik pada pertemuan III. Aktivitas siswa pada pertemuan I berada pada kriteria aktif, sedangkan pada pertemuan II dan III berada pada kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 70,00%, pertemuan II mencapai 83,00%, dan pertemuan III mencapai 90,00%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas seluruh siswa aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal MenggunakanKombinasi Model Group Investigation, Snowball Throwing dan Media Peta pada materi Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia di kelas V.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI