DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS VA SDN BERANGAS TIMUR 1 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:FITRIDA HAFIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


ABSTRAK

Hafiana, Fitrida. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Menggunakan Model Explicit Instruction dikombinasikan dengan Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing pada Kelas VA SDN Berangas Timur 1 Kabupaten Barito Kuala. Program Studi PGSD, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. Sutiyarso, S. Pd, M. Pd.

Kata Kunci: Hasil belajar, volume ruang, EI, TAI, Snowball Throwing.

Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar peserta didik materi pembelajaran volume bangun ruang kubus dan balok. Hal ini disebabkan karena materi terlalu sulit dipahami siswa, siswa kurang aktif serta kurangnya kerjasama antar kelompok dalam pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini Dibuktikan dengan adanya data pada tahun 2017/2018 yang menunjukkan bahwa dari 28 orang siswa ada 10 orang siswa atau 35,71 % (Tuntas) sedangkan 18 orang siswa atau 64,28 % (Tidak Tuntas). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa materi volume bangun ruang kubus dan balok pada kelas VA SDN Berangas Timur 1 Kabupaten Barito Kuala.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Setting penelitian di SDN Berangas Timur 1 dengan materi volume bangun ruang kubus dan balok pada kelas VA semester II tahun ajaran 2018/2019.

Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ≥24 (sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥82% (sangat aktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan penilaian secara individual dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar secara individu siswa mendapatkan nilai ≥80 dan secara klasikal ≥80% dari siswa mendapatkan nilai ketuntasan ≥80.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kreteria sangat aktif. Pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penerapan model Explicit Instruction dikombinasikan dengan Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas 5A SDN Berangas Timur 1 Kabupaten Barito Kuala. Disarankan untuk guru bisa menjadikan penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI