DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASIKAN DENGAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN CINDAI ALUS 2 MARTAPURA
PENGARANG:LIA RAHMADIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-31


ABSTRAK

 

 

Lia, Rahmadianti. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Model Group Investigation (GI) Dikombinasikan dengan VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) dan Numbered Head Together pada Siswa Kelas IV SDN Cindai Alus 2 Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. M.Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas guru, Aktivitas siswa, Tema 7, Kombinasi, Group inestigation, VAK, Numbered Head Together.

                                                                                    

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi yang ada pada tema 7 berkaitan tentang Macam-macam Gaya. Hal ini disebabkan karena siswa tidak berpikir ilmiah, pembelajaran satu arah, dan tidak melakukan percobaan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Group Investigation dikombinasikandengan VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) dan Numbered Head Together). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Cindai Alus 2 Martapura.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Cindai Alus 2 Martapura semester 2 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang siswa. Data Kualitatif diperoleh melalui instrumenpenelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes tertulis evaluasi siswa. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikalmencapai >82% dengan kriteria sangat aktif dan hasil belajar siswa mengalami ketuntasan secara klasikal >80% mendpatkan >70.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mencapai skor 38 dengan kriteria “Sangat Baik”, dan aktivitas siswa secara klasikal menjadi “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 94%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dikombinasikan dengan VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Disarankan penelitian ini sebagai alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA materi macam-macam gaya untuk meningakatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI