DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER ENERGI, PERUBAHAN BENTUK ENERGI, DAN SUMBER ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MUATAN IPA DENGAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING (IT),MIND MAPPING (MM), DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN SELATAN 9 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD LUTFI QAUSAR | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-01 |
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswadi kelas IVSDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin yang disebabkanoleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sumber Energi, Perubahan Bentuk Energi, dan Sumber Energi dalam Kehidupan Sehari-hari dengan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping (MM), dan Course Review Horray (CRH).
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Data dianalisis secara kualitatif , yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indicator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 28 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 37 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 41% kriteria “Cukup Aktif ” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93% kriteria “Sangat Aktif ”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 48% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93%.
Berdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat danmencapaiketuntasansecaraindividumaupunklasikal menggunakankombinasi model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping (MM), dan Course Review Horray(CRH)pada materi Sumber Energi, Perubahan Bentuk Energi, dan Sumber Energi dalam Kehidupan Sehari-hari.Hasilpenelitianinidapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPA Sumber Energi, Perubahan Bentuk Energi, dan Sumber Energi dalam Kehidupan Sehari-hari di kelas IV.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI