DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER ENERGI, PERUBAHAN BENTUK ENERGI, DAN SUMBER ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MUATAN IPA DENGAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING (IT),MIND MAPPING (MM), DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN SELATAN 9 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD LUTFI QAUSAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswadi kelas IVSDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin yang disebabkanoleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  materi Sumber Energi, Perubahan Bentuk Energi, dan Sumber Energi dalam Kehidupan Sehari-hari dengan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping (MM), dan Course Review Horray (CRH).

Penelitian  ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Data dianalisis secara kualitatif , yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indicator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 28 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 37 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 41% kriteria “Cukup Aktif ” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93% kriteria “Sangat Aktif ”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 48% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93%.

Berdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwa aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta  hasil belajar  meningkat danmencapaiketuntasansecaraindividumaupunklasikal  menggunakankombinasi  model  Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping (MM), dan Course Review Horray(CRH)pada materi Sumber Energi, Perubahan Bentuk Energi, dan Sumber Energi dalam Kehidupan Sehari-hari.Hasilpenelitianinidapat disarankan  sebagai  alternatif  pemilihan  dan  penggunaan  model  pembelajaran  untuk mata pelajaran IPA Sumber Energi, Perubahan Bentuk Energi, dan Sumber Energi dalam Kehidupan Sehari-hari di kelas IV.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI