DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SDN INKLUSI BENUA ANYAR 8 BANJARMASIN
PENGARANG:EKO EDI PRASETYO
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-01-10


Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran ABK, Sekolah inklusi


Efektivitas Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Pada SDN Inklusi Benua
Anyar 8 Banjarmasin adalah usaha sadar untuk mengetahui atau memperoleh data suatu
kondisi atau keadaan yang hendak di capai disertai tujuan yang diinginkan dalam suatu
pembelajaran pada anak yang memiliki suatu hambatan baik itu intelektual sosial maupun
fisik. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
keefektifan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus yang dilakukan oleh guru
umum. Hasil yang didapat bermanfaat sebagai acuan untuk memperbaiki suatu proses
pembelajaran yang ramah terhadap anak berkebutuhan khusus yang sekolah disekolah
umum atau reguler.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada anak
berkebutuhan khusus oleh guru umum di SDN inklusi Benua Anyar 8 Banjarmasin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif
yaitu penelitian untuk memperoleh data lapangan (data empiris), yang bersifat deskriptif,
dengan subjek penelitian 6 orang guru umum yang menjabat sebagai wali kelas.
Pengumpulan data digunakan teknik wawancara dan observasi secara langsung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran yang dilakukan di SDN
Inklusi Benua Anyar 8 Banjarmasin dikelola secara efektif dan disusun oleh guru kelas,
tanpa membedakan antara siswa berkebutuhan khusus dengan siswa lainnya tetapi masih
memiliki suatu kendala berupa latar belakang pendidikan guru umum dan guru
pendamping yang bukan lulusan pendidikan luar biasa dan sarana dan prasaranan bagi
ABK yang belum memadai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI