DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS VB SDN TELUK TIRAM 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MERI ADITIA LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


                                                                         ABSTRAK

Lestari, Meri Aditia. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Think Pair and Share dan Teams Games Tournament di Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D.

 

Kata-kata Kunci: Aktivitas Belajar, Problem Based Learning (PBL), Think Pair and Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT)

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah, kurangnya kemampuan bersosialiasi dan komunikasi, serta kurangnya antusias siswa saat belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin Mata Pelajaran Matematika. Kondisi ini terjadi karena adanya pembentukan kelompok secara permanen dan kurang menerapkan kegiatan yang menyenangkan dan menantang. Selain itu, siswa masih merasa kesulitan membedakan antara bangun datar dan bangun ruang. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar matematika pada materi Sifat-sifat Bangun menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Think Pair and Share (TPS) dan Teams Games Tournament (TGT)pada siswa kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan pada siswa kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Matematika materi Sifat-Sifat Bangun, dengan jumlah siswa 24 orang. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh kriteria kurang baik, pertemuan II memperoleh kriteria baik, pertemuan III memperoleh kriteria sangat baik, dan pertemuan IV memperoleh kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I berada pada kategori kurang aktif, pada pertemuan II berada pada kategori kurang aktif, pada pertemuan III berada pada kategori aktif, dan pada pertemuan IV berada pada kategori sangat aktif. Ketuntasan klasikal pada pertemuan I berada pada angka 75%, pertemuan II 100%, pertemuan III 100%, dan pertemuan IV 100%.

Berdasarkan temuan ini,maka dapat disimpulkan bahwa melalui kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair and Share dan Teams Games Tournament membuat aktivitas guru berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika materi Sifat-Sifat Bangun.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI