DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GI DIKOMBINASIKAN DENGAN TPS DAN MEDIA TTS PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN TIMUR 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ANANDA ENY FATMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


ABSTRAK

Fatmawati, Ananda Eny. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Materi Keputusan Bersama Menggunakan Model Pembelajaran GI,  Dikombinasikan dengan TPS dan Media TTS pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Timur 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing H. Dr. M. Saleh, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Keputusan Bersama, Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS), Media Permainan Teka-Teki Silang.

Permasalahan rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah disebabkan karena dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru, tidak menggunakan media pembelajaran interaktif, guru lebih menekankan pada metode ceramah saja. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) yang dikombinasikan dengan Think Pair and Share (TPS) dan media permainan Teka-Teki Silang (TTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi keputusan bersama di kelas V SDN Kelayan Timur 2 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya, dengan jumlah siswa 30 orang. Data dianalisis secara kualitatif melalui instrument penelitian berupa lembar observasi guru dengan indikator keberhasilan ≥30 (Sangat Baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥80% (Sangat Aktif dan Aktif). Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa secara individual mencapai nilai ≥65 dan secara klasikal ≥80% dari seluruh siswa mencapai nilai ≥65.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I memperoleh skor 28 dengan kriteria “Baik” meningkat pada siklus II menjadi 35 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 77% dengan kriteria “Aktif” meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I memperoleh 67%, meningkat pada siklus II menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS)dan media permainan Teka-Teki Silang (TTS) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dan strategi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI