DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Dikombinasikan dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Alat Peraga KUbus Satuan Pada Siswa Kelas VA SDN Manarap Lama 2 Kabupaten Banjar
PENGARANG:HALIMATUS SALEHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa masih sulit memahami soal cerita yang disediakan guru dan siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan rumus. Penyebab lainnya siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru dan juga kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga semua itu berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan dengan menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction, di kombinasikan dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray  dan Alat Peraga Kubus Satuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Manarap Lama 2.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setting penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Manarap Lama 2 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitan ini adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan kuantitatif berupa data hasil belajar siswa. Data kualitatif diperoleh melalui observasi guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes atau hasil evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan indikator ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan nilai ≤80.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Direct Intruction, yang di kombinasikan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan alat peraga kubus satuan pada materi volume bangun ruang kubus dan balok menunjukkan aktivitas guru mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria baik disiklus 1 dan mencapai kriteria sangat baik disiklus ke 2, persentase aktivitas siswa mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria aktif disiklus 1 dan mencapai kriteria sangat aktif disiklus ke 2, dan pada ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal dinyatakan belum berhasil disiklus 1 dan dinyatakan berhasil disiklus ke 2.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Direct Intruction, Di kombinasikan dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Alat Peraga Kubus Satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok di kelas VA Manarap Lama 2 Kabupaten Banjar. Dapat disarankan untuk dijadikan salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI