DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), MIND MAPPING, DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN CINDAI ALUS 2 MARTAPURA
PENGARANG:I NAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


ABSTRAK

Inayah. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Mind Mapping, Dan Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Cindai Alus 2 Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Asniwati, S. Pd, M. Pd.

             

Kata Kunci : Hasil Belajar,  Model Group Investigation (GI), Mind Mapping, Dan Numbered Head Together (NHT)

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pemanfaatan sumber daya alam yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS tema Kayanya Negeriku kelas IV SDN Cindai Alus 2 Martapura. Hal ini  disebabkan pembelajaran tidak banyak melibatkan siswa, tanpa model yang bervariatif, serta kurang menraik dan monoton, oleh karena itu peneliti menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Mind Mapping, Dan Numbered Head Together (NHT) untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah  mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat kali pertemuan dengan setting penenlitian di kelas IV semester genap SDN Cindai Alus 2 Martapura tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  35 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 60%, pertemuan II mencapai 71%, pertemuan III mencapai 83%, dan pertemuan IV mencapai 94%.

            Berdasarkan temuan ini, maka dapat disimpulkan bahwa  kombinasi model Group Investigation (GI),Mind Mapping, dan  Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian inovasi strategi pembelajaran serta hasil dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan pertimbangan bagi guru dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar serta sebagai bahan masukan dan informasi bagi kepala sekolah dalam membina keterampilan mengajar guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI