DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI SKALA MELALUI KOMBINASI MODEL THINK PAIR AND SHARE, TWO STAY TWO STRAY DAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN PEKAPURAN RAYA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:PUTRI ERNA YULIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


ABSTRAK

Yulianti,Putri Erna 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Skala Melalui Kombinasi Model Think Pair and Share, Two Stay Two Stray dan Media Visul Pada Siswa Kelas V SDN Pekapuran Raya 3 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra.Hj. Ike Hananik,M.Pd 

Kata  Kunci: Hasil Belajar,  Skala,  Think Pair and Share, Two Stay Two Stray, dan Media Visual.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di  kelas  Kelas V SDN Pekapuran Raya 3 Banjarmasin yang disebabkan  oleh  siswa yang masih menganggap pelajaran matematika menakutkan,susah dan tidak menyenangkan,kurangnya media yang digunakan untuk mendukung pembelajaran, proses pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan, serta siswa kurang terlibat dalam pembelajaran dan masih cendrung bekerja secara mandiri .Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  materi Skala Melalui Kombinasi Model Think Pair and Share, Two Stay Two Stray dan Media Visul .

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  jenis  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Teknik analisis data yang  digunakan  adalah  analisis  data  kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas  guru  dikatakan  berhasil  jika  terlaksana dengan  kriteria  “Sangat  Baik”  dan aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat  Aktif”. Hasil  belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70. 

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan katagori  “ Sangat Baik”  pada pertemuan 3.  Aktivitas  siswa  mengalami  peningkatan  dengan kategori  “Aktif”  pada pertemuan 3. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal  28 % ,pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan  59% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 3. 

Berdasarkan  hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa  aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai  ketuntasan  secara  individu  maupun  klasikal  menggunakan  Melalui Kombinasi Model Think Pair and Share, Two Stay Two Stray dan Media Visual pada materi Skala.  Hasil  penelitian  ini  dapat disarankan  sebagai  alternatif  pemilihan  dan  penggunaan  model  pembelajaran  untuk mata pelajaran Matematika materi  Skala di kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI