DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI SKALA MELALUI KOMBINASI MODEL THINK PAIR AND SHARE, TWO STAY TWO STRAY DAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN PEKAPURAN RAYA 3 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | PUTRI ERNA YULIANTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-01 |
ABSTRAK
Yulianti,Putri Erna 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Skala Melalui Kombinasi Model Think Pair and Share, Two Stay Two Stray dan Media Visul Pada Siswa Kelas V SDN Pekapuran Raya 3 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra.Hj. Ike Hananik,M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Skala, Think Pair and Share, Two Stay Two Stray, dan Media Visual.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas Kelas V SDN Pekapuran Raya 3 Banjarmasin yang disebabkan oleh siswa yang masih menganggap pelajaran matematika menakutkan,susah dan tidak menyenangkan,kurangnya media yang digunakan untuk mendukung pembelajaran, proses pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan, serta siswa kurang terlibat dalam pembelajaran dan masih cendrung bekerja secara mandiri .Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Skala Melalui Kombinasi Model Think Pair and Share, Two Stay Two Stray dan Media Visul .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan katagori “ Sangat Baik” pada pertemuan 3. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori “Aktif” pada pertemuan 3. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 28 % ,pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan 59% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 3.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan Melalui Kombinasi Model Think Pair and Share, Two Stay Two Stray dan Media Visual pada materi Skala. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika materi Skala di kelas V.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI