DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MUATAN IPA DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEAD TOGETHER DANTALKING STICK DI KELAS IV-A SDN PELAMBUAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:M ARJIYYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Head Together Dan Talking Stick.

 

 

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di kelas IV-A SDN Pelambuan 1 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran bersifat satu arah, kurang menyenangkan, kurang menekankan pada berpikir kritis, dan kurang melibatkan siswa dalam mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam melaksanakan pembelajaran pada muatan IPA dengan kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation,Numbered Head Together danTalking Stick.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas IV-A SDN Pelambuan 1 Banjarmasin dengan jumlah 30 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Pengumpulan data diambil melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Serta hasil belajar siswa yang berupa tes tertulis. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Aktif dan Sangat Aktif”apabila memperoleh ≥80%. Hasil belajar siswa tuntas apabila siswa mencapai nilai ≥70 atau ketuntasan secara klasikal yaitu ≥80%.Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang awalnya memperoleh skor 25 dengan mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat Baik” dengan perolehan skor 30 pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 68,9% pada pertemuan 1 menjadi 96,7% pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan secara klasikal 68,9% kemudian meningkat menjadi 96,7% pada pertemuan 4.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kriteria aktif dan sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Numbered Head Togetherdan Talking Stickdalam pembelajaran tema kayanya negeriku pada muatan IPA. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk pembelajaran tema kayanya negeriku pada muatan IPAdi kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI