DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI), STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN KUIN UTARA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:LISNA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


Kata kunci:Aktivitas Belajar, Volume Kubus dan Balok, DI, STAD, CRHPermasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Volume Kubus dan Balok. Hal ini disebabkan karena kurangnya strategi mengajar, pembelajaran kurang menarik minat siswa, dan kurangnya interaksi dan komunikasi antar guru dan siswa dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi Volume Kubus dan Balok. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan iniyaitudenganmenggunakankombinasi modelDirect Instruction (DI),Student Teams Achievement Division (STAD),dan Course Review Horay (CRH).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi Volume Kubus dan Balok.Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada empat kalipertemuan. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VSDN Kuin Utara 5 Banjarmasintahun ajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Matematika materi Volume Kubus dan Balok. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran berupa testertulis secara individu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria “Sangat Baik” dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui kombinasi model Direct Instruction (DI),Student Teams Achievement Division (STAD),dan Course Review Horay (CRH)dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Disarankan kombinasi model ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru maupun aktivitas siswa yang berimplikasi pada hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI