DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN BENTUK, WARNA DAN UKURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER, TALKING STICK DAN MAKE A MATCH PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS HARAPAN BARU BANJARMASIN
PENGARANG:NURUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


ABSTRAK

Jannah, Nurul. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Anak dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Bentuk, Warna dan Ukuran Menggunakan Kombinasi Model Numbered Heads Together, Talking Stick dan Make a Match Pada Anak Kelompok A TK Tunas Harapan Baru Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Pembimbing Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi., M.Pd.

 

Kata kunci : Kognitif, Model Numbered Heads Together, Talking Stick, Make a Match.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek kognitif anak terutama capaian perkembangan mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran masih belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian pengembangan anak pada aspek kognitif khususnya dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran.

Metode yang digunakan dari penelitian ini adalah menggunakan kombinasi Model Numbered Heads Together, Talking Stick dan Make a Match dalam mengembangkan aspek kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran pada anak kelompok A TK Tunas Harapan Baru Banjarmasin.

Hasil penelitian aktivitas guru yang diperoleh dari penelitian ini setelah adanya perbaikan yang dilakukan oleh guru sudah terlaksana mencapai kategori sangat baik. Hasil penelitian aktivitas anak terjadi peningkatan disetiap pertemuannya yaitu mencapai kategori sangat aktif. Hasil perkembangan kognitif anak menunjukkan adanya peningkatan disetiap pertemuan yaitu dengan mendapatkan kategori Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI