DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG KPK (KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL ) DENGAN KOMBINASI MODEL JIGSAW VARIASI DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA VISUAL DIAM DI KELAS IV SDN BELITUNG SELATAN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:BUDI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


ABSTRAK

Saputra, Budi. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tentang KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil ) Dengan Kombinasi Model Jigsaw Variasi Dengan Numbered Heads Together (NHT) dengan media visual diam Di Kelas IV SDN Belitug selatan 7 Banjarmasin.Skripsi Program Sudi  Pendidikan Guru Sekolah Dasar . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof.Drs. Ahmad Suriansyah, M. Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci:  KPK,  Jigsaw, Numbered Heads Together dan Aktivitas Siswa.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar. Hal ini disebabkan siswa kurang percaya diri untuk berbicara, kurang inisiatif siswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi, serta kurangnya optimalnya penggunaan model yang variatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengkombinasikan model Jigsaw variasi dengan Numbered Heads Togethers dengan media visual diam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.  

Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 10 orang laki- laki dan 15 orang perempuan. Pendekatan penelitian  kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan guru dalam penelitian ini jika mencapai skor 22-28 dengan kriteria sangat baik untuk aktivitas guru, ≥80% masuk dalam kategori aktif dan sangat baik untuk aktivitas siswa, dan mencapai 80% untuk ketuntasan klasikal  hasil belajr siswa.      

Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru pada pertemuan 4 memperoleh skor 28 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa meningkat pada pertemuan 4 dengan memperoleh 100% katergori aktif dan sangat aktif. Hasil belajar siswa meningkat menjadi 100% dipertemuan 4.

Kesimpulan yang bisa diambil yaitu kombinasi model pembelajaran Jigsaw variasi dengan Numbered Heads Together (NHT) dengan media visual diam, menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar yang meningkat. Saran untuk guru dan kepala Sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran Matematika materi KPK sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI