DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPS MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT), GROUP INVESTIGASION (GI) DAN MAKE A MACTH PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI LUMBAH 2 BARITO KUALA
PENGARANG:AIDI MUTTAQIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


Muttaqin, Aidi, 2019. Meningkatkan Aktivitas belajar siswa Tema Kayanya Negeriku muatan IPS materi Sumber Energi menggunakan kombinasi Model Numbered heads together, Group investigation  dan Make A Macth di Kelas IV SDN Sungai Lumbah 2 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S. Pd., M. Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Kombinasi Numbered Heads Together, Group Investigation, Make A Macth.

 

Permasalahan penelitian ini adalah Rendahnya Aktivitas Belajar Siswa. Karena siswa cendrung pasif kurang terlibat aktif dala belajar, belajar kurang menarik dan kurang berfikir kritis, merasa bosan, dan tidak antusias dalam mengemukakan pendapat sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sungai Lumbah 2 pada Tema Kayanya Negeriku muatan IPS materi Sumber Energi. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas siswa yaitu melalui kombinasi model Numbered Heads Together, Group Investigation dan Make A Macth pada penelitian tindakan kelas di SDN Sungai Lumbah 2 Barito Kuala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Lumbah 2 Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  20 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan III mencapai sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria aktif, pertemuan II mencapai kriteria Sangat aktif, pertemuan III mencapai Sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai 55%, pertemuan II mencapai 70%, pertemuan III mencapai 85%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Numbered Heads Together, Group Investigation dan Make A Mcth dapat meningkatkan aktivitas siswa pada tema kayanya negeriku muatan IPS materi sumber energi di kelas IV SDN Sungai Lumbah 2 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI