DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU PENDIDIKAN KHUSUS DALAM PENANGANAN ANAK DENGAN KETERLAMBATAN BICARA DALAM SETTING KELAS INKLUSIF
PENGARANG:H ABIBURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


ABSTRAK

 

Habiburrahman, 2019. Peran Guru Pendidikan Khusus Dalam Penaganan Anak Dengan Keterlambatan Bicara Dalam Setting Kelas Inklusif Skripsi, Program Studi Pendidikan Khusus, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. H. Zulkifli, M.Pd  Pembimbing II: Dewi Ratih Rapisa, M.Pd

Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Khusus Dalam Penanganan Anak Dengan Keterlambatan Bicara

Berlatar belakang dari keingintahuan peneliti tentang bagaimanakah peran guru pendidikan khusus dalam menangani anak yang mengalami keterlambatan bicara di kelas inklusif, dalam proses pelaksanaan identifikasi, asesmen, program intervensi dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kondisi objektif dari peran guru pendidikan khusus dalam melakukan penagangan.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendakatan kualitatif, dengan menggunakan jenispenelitian deskriptif, dengan subjek penelitian 1 orang guru pendidikan khusus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi secara langsung, Data analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan secara menyeluruh data yang didapat selama penelitian. Dalam mengolah data kualitatif dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang dilakukan guru pendidikan khusus dalam melakukan perannya menangani anak dengan keterlambatan bicara efektif dan sesuai prosedur; 1) langkah awal guru melakukan proses obervasi, menyelenggarakan administrasi khusus berupa catatan harian, identitas anak dilanjutkan mengidentifikasi anak 2) melakukan asesmen melalui pengamatan kemampuan membaca, menulis dan berhitung setelah didapatkan ruang lingkupnya ditindak lanjuti pada proses penyusunan kisi-kisi instrumen 3) penyusunan program intervensi guru pendidikan khusus lakukan terhadap anak dengan keterlambatan bicara disusun secara terpola juga terstruktur dan berkesinambungan 4) melakukan pelaksanaan intervensi menyusun hasil identifikasi dan asesmen, kemudian case conference 5) evaluasi dimulai sejak awal identifikasi sampai pada proses asesmen hingga pada tahapan proses intervensi anak setelah dilakukanya penaganan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI