DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BENTUK DAN PERANAN MELODI DALAM MUSIK IRINGAN TARI BAGANDAH NYIRU DI UKM KAMPOENG SENI BOEDAJA UNLAM
PENGARANG:ROBBY ISKANDAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


ABSTRAK

Iskandar, Robby. 2018. “Bentuk Dan Peranan Melodi Dalam Musik Iringan Tari Bagandah Nyiru Di UKM Kampoeng Seni Boedaja UNLAM”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertujukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP ULM, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Agus Pratomo Andi Widodo, M.Pd selaku Pembimbing; (II) Sumasno Hadi, S.Pd., M.Phill selaku Pembimbing II.

 

Kata Kunci: Bentuk Melodi, Peranan Melodi, Musik Iringan, Tari Bagandah Nyiru, UKM Kampoeng Seni Boedaja.

 

UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa, yaitu organisasi kemahasiswaan ditingkat Universitas yang memiliki kesamaan minat, kreativitas dan orientasi aktivitas yang membidangi 1 (satu) jenis kegiatan ekstrakurikuler tertentu yang bersifat terbuka bagi seluruh mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat. UKM Kampoeng Seni Boedaja (KSB) merupakan organisasi tingkat universitas yang bergerak dalam pelestarian kesenian dan kebudayaan tradisional serta mewujudkan generasi intelektual, organisator dan akademisi.

Tari bagandah nyiru merupakan salah satu tari japin kreasi (tari tradisional garapan baru) yang ada di Kalimantan Selatan khususnya di Banjarmasin. Tari bagandah nyiru diciptakan pada tahun 2017 oleh Kampoeng Seni Boedaja UNLAM. Tari ini termasuk tari japin karena banyak gerak yang menitik beratkan pada gerakan kaki.

Musik iringan tari pada tari bagandah nyiru ini merupakan jenis musik iringan tari yang berasal dari luar penari, dimana suara atau bunyi-bunyian dihasilkan dengan menggunakan instrument musik yang dimainkan oleh sejumlah para pemusik yang mengembangkan bentuk ekspresinya sendiri terhadap gerakan yang dibawakan oleh si penari.

Penelitian berjenis kualitatif-deskriptif ini mencoba untuk mendeskripsikan bentuk dan peranan melodi dalam musik iringan tari bagandah nyiru, peneliti memanfaatkan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data agas dianalisis secara interpretatif. Hasil penelitian ini berupa bentuk dan peranan melodi dalam musik iringan tari bagandah nyiru yang meliputi; uraian bentuk melodi dalam setiap komposisi musik iringan tari bagandah nyiru; peranan melodi dengan tarinya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI