DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Undangan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Explicit Instruction , Dan Scramble Siswa Kelas 5 SDN Keraton 4 Martapura
PENGARANG:NOOR HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


ABSTRAK

 

Hasanah, Noor. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Undangan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC) Dikombinasi Dengan Explicit Insruction dan Scramble Pada Kelas 5 SDN  Keraton 4 Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd

Kata Kunci : Menulis Surat Undangan,  Cooperative Integrated And Composition, Explicit Instruction, Scrambledan Aktivitas Beajar Siswa.

            Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, yang menyebabkan siswa kurang mengetahui konteks aktual, kurang aktif dan cepat merasa bosan saat belajar, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas 5 SDN Keraton 4. Peristiwa Dalam Kehidupan.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu melalui kombinasi modelCooperative Integrated Reading And Composition(CIRC) Dikombinasi Dengan Explicit Insruction dan Scramble . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa serta ketreampilan belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas,yang dilaksanakan dengan dua siklus empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 semester genap Keraton 4 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 28 siswa. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan 80%, dan KKM ≥70.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 24 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 82% kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan  89% dengan nilai rata-rata 80.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC) Dikombinasi Dengan Explicit Insruction dan Scramble pada siswa kelas 5 SDN SDN Keraton 4 meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan   hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan keterampilan menulis khususnya pada pembelajaran menulis surat undangan.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI