DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENIGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN PPKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI), THINK PAIR SHARE, DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS IV SDN INDRASARI 2 MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RISKA DARWINARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


Darwinarti, Riska 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan PPKn Materi Hak dan Kewajiban Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Think Pair Share, dan Course Review Horay (CRH) Di Kelas IV SDN Indrasari 2 Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Hak dan Kewajiban, Model Direct Instruction (DI), Think Pair Share, dan Course Review Horay (CRH).

Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas IV di SDN Indrasari 2  Martapura, diperoleh informasi bahwa siswa kelas tersebut secara umum mengalami permasalahan berupa rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada Tema Kayanya Negeriku muatan PPKn materi Hak dan kewajiban. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang terlaksana satu arah. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui kombinasi model Model Direct Instruction (DI), Think Pair Share, dan Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Indrasari 2 Martapura yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian juga menggunakan data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indicator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru dari pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat dari persentase 67%, 78%, 89% sampai 100%. Aktivitas siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan IV meningkat dengan ketuntasan klasikal dari persentase 46% dengan kriteria cukup aktif, 65% dengan kriteria aktif, 81% dengan kriteria aktif dan 96% dengan kriteria “sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari persentase 46%, 69%, 85% sampai 96%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Model Direct Instruction (DI), Think Pair Share, dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI