DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLE KOMBINASI DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ASMAUL HUSNA BANJARMASIN
PENGARANG:SITI NORHIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-01


Nurhidayati, Siti. 2019. Mengembangkan Sosial Emosional Dalam Bersikap Kooperatif Dengan Teman Menggunakan Metode Example Non Example, Kombinasi Dengan Model Numbered Head Together, Course Review Horay Pada Anak Kelompok B Di TK Asmaul Husna Banjarmasin.Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Tahun Akademik 2019/2020. pembimbing Dr. Erny Wahdini,S.,Pd.M.Pd

 

kata Kunci:Sosial Emosional, bersikap kooperatif dengan teman, metode Examples Non Examples, model Number Head Together dan Course Review Horay

 

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelompok B TK Asmaul Husna Banjarmasin, Penyebab permasalahan masih rendahnya kemampuan anak dalam bersikap kooperatif dengan teman. Hal ini disebabkan pembelajaran yang diberikan dalam pembelajaran anak senang bermain sendiri, anak lebih suka bekerja sendiri dari pada berkelompok,karena pembelajaran yang disampaikan oleh guru hanya menggunakan papan tulis, metode ceramah dan tanya jawab ,dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Sehingga solusi untuk masalah tersebut untuk meningkatkan aktivtias belajar adalah menggunakan  model pembelajaran Examples Non Examples (ENE), Numbered Heads Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas anak dan hasil belajar anak. 

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tidakan kelas (PTK) dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan. Sehingga faktor yang diteliti yaitu aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan sosial emosioanal anak, dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru yaitu memperoleh skor ≥ 82% dengan kriteria sangat baik dan aktivitas anak yaitu mencapai skor ≥ 82% dengan kriteria sangat aktif serta hasil pengembangan sosial emosioanal  anak secara individu yaitu minimal mendapat bintang  (((()  dan bintang ((((() dan secara klasikal mencapai skor ≥ 80% sudah berkembang.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 26 atau 93% dengan kriteria sangat baik, Aktivitas anak memperoleh nilai 93% dengan kriteria sangat aktif dan  hasil capaian perkembangan sosial emosional mencapai 87% berhasil berkembang dengan memperoleh bintang 3 (((() berkembang sesuai harapan dan bintang 4 ((((()berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Examples Non Examples, model Numbered Head Together, Course Review Horay dapat mengembangkan kemampuan sosial emosioanal anak dalam bersikap kooperatif dengan teman. Disarankan pada guru agar menggunakan model dan metode ini sebagai salah satu alternatif dalam upaya mengembangkan kemampuan anak khususnya pada aspek sosial emosional.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI