DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE), THINK PAIR AND SHARE (TPS), DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN SIMPANG EMPAT KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SARI MAHLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


ABSTRAK

Mahliani, Sari. 2019. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKn Materi Persatuan dan Kesatuan Menggunakan Kombinasi Model Student Facilitator and Explaining (SFAE), Think Pair and Share (TPS), dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas V SDN Simpang Empat Kertak Hanyar Kabupaten Banjar”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., P.hD.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Persatuan dan Kesatuan, Student Facilitator and Explaining, Think Pair and Share, dan Snowball Throwing.

Permasalahan yang ada pada siswa kelas V SDN Simpang Empat adalah kurangnya aktivitas belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn disebabkan pembelajaran tidak melibatkan siswa, kurangnya interaksi antar siswa, siswa hanya menyimak dan mencatat materi pembelajaran sehingga siswa mudah bosan dalam pembelajaran. Hal ini tentunya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Oleh karena itu, perlu dilakukan solusi model pembelajaran dengan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE), Think Pair and Share (TPS), dan Snowball Throwing dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran PPKn materi Persatuan dan Kesatuan di kelas V SDN Simpang Empat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN Simpang Empat Kertak Hanyar Kabupaten Banjar pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar melalui tes evaluasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik deskriptif kualitatif dalam cross tabel dan interpretasi menggunakan persentase. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai sangat aktif dan hasil belajar siswa mengalami ketuntasan secara klasikal ≥80%.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 23 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 menjadi 32 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 mencapai 51,2% dengan kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 94,9% dengan  kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula pada hasil belajar siswa pada pertemuan 1 aspek kognitif mencapai 53,8%, afektif 56,4%, dan psikomotorik 51,2%, meningkat pada pertemuan 4 pada aspek kognitif menjadi 94,9%, afektif 97,4%, dan psikomotorik 94,9%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI