DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN DI KOMBINASIKAN DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV A SDN GUDANG HIRANG KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:UYUN SYAUQI ROHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


ABSTRAK

 

Rohmah, Uyun Syauqi. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan dikombinasikan dengan Metode Eksperimen dikelas IV A SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. M. Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci: Tema 9, Kayanya Negeriku, Group Investigation, Numbered Head Together, Metode Eksperimen.

 

 

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV A pada Tema 9 Kayanya Negeriku. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang monoton dan cenderung bersifat satu arah (terpusat pada guru), siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa berani untuk bertanya jika ada materi yang tidak di mengertinya. Permasalahan inilah yang mengakibatkan nilai hasil belajar siswa berada di bawah KKM yang telah ditentukan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan dikombinasikan denganMetode Eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada Tema 9 Kayanya Negeriku.

                Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diterapkan dalam 2 siklus 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar tahun 2018/2019, yang berjumlah 11 siswa laki – laki dan 9 siswa perempuan. Data penelitian di dapat melalui data kualitatif dari instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktiivtas siswa, data kuantitatif berupa tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor 44 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai skor 20 dengan kategori sangat aktif, serta hasil belajar mencapai nilai 70 sesuai dengan KKM, sedangkan secara klasikal mencapai 80%.

 

Aktivitas guru pada Siklus I mencapai skor 29 dengan kriteria Baik meningkat di Siklus II mencapai skor 43 dengan kriteria Sangat  Baik. Aktivitas siswa secara klasikal Siklus I 50% meningkat pada Siklus II menjadi 100%. Hasil ketuntasan klasikal pada Siklus I mencapai 40% masih dibawah KKM meningkat pada Siklus II menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT)dan dikombinasikan dengan Metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar pada Tema 9 Kayanya Negeriku. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar dan aktivitas guru dalam pembelajaran khususnya pada Tema 9 Kayanya Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI