DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), DI KOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV B DI SDN GUDANG HIRANG 3 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:REZEKI ALVIA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


ABSTRAK

 

Rahmi, Rezeki Alvia. 2019. Meningkatkan Hasil  Belajar Muatan IPA Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran  Group Investigation (GI), di Kombinasikan dengan model Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) pada kelas IV B di SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema 9 Kayanya Negeriku, Model Pembelajaran Group Investigation di kombinasikan dengan model  Numbered Head Together, Team Games Tournament.

 

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah  rendahnya hasil belajar siswa kelas IV B pada Tema 9 Kayanya Negeriku. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran hanya berpusat pada guru, dimana guru lebih dominan dalam proses pembelajaran. Disamping itu model pembelajaran yang diterapkan juga kurang bervariatif. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif dan kurang didorong dan motivasi . Permasalahan inilah yang mengakibatkan nilai hasil belajar siswa berada di bawah KKM yang telah ditentukan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa muatan IPA pada Tema 9 Kayanya Negeriku.

                Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diterapkan dalam 4 pertemuan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV B SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar tahun 2018/2019, yang berjumlah 7 siswa laki–laki dan 10 siswa perempuan. Data penelitian di dapat melalui data kualitatif dari instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, data kuantitatif berupa tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor 40 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai skor 20 dengan kategori sangat aktif, serta hasil belajar mencapai nilai 70 sesuai dengan KKM, sedangkan secara klasikal mencapai 82%.

Aktivitas guru pada Pertemuan 1 mencapai skor 28 dengan kriteria Baik meningkat di Pertemuan 2 mencapai skor 36 dengan kriteria Sangat  Baik, adapun meningkat di Pertemuan 3 mencapai skor 38 dengan kriteria Sangat  Baik dan meningkat di Pertemuan 4 mencapai skor 39 dengan kriteria Sangat  Baik Aktivitas siswa secara klasikal Pertemuan 1 53% meningkat pada Pertemuan 2 76% meningkat lagi dipertemuan 3 88% dan dipertemuan 4 menjadi 94%. Hasil belajar klasikal pada Pertemuan 1 mencapai 59% masih dibawah KKM meningkat pada Pertemuan 2 76% di Pertemuan 3 88% dan di Pertemuan 4 menjadi 94%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar muatan IPA pada Tema 9 Kayanya Negeriku. Berdasarkan  hasil penelitian ini disarankan  kepada guru dapat digunakan sebagai salah satu referensi dalam meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar dan aktivitas guru dalam pembelajaran khususnya muatan IPA pada tema 9 Kayanya Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI