DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS IKLAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) DAN PUZZLE AMPLOP PADA SISWA KELAS 5A SDN BASIRIH 3 BANJARMASIN
PENGARANG:SILVIA AGUSTIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


ABSTRAK

Agustin, Silvia. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Iklan Menggunakan Model Student Teams Achievment Division (STAD) dikombinasikan dengan Model Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dan Puzzle Amplop Pada Kelas 5A SDN Basirih 3 Banjarmasin. Skirpsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Iklan, Student Teams Achievment Division (STAD), Direct Reading Thinking Activity (DRTA), Puzzle Amplop.

 

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dalam keterampilan membaca pemahaman terutama materi teks iklan. Dibuktikan dengan rendahnya persentase siswa  yang memnuhi KKM, tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 34,12%, tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 39,19%. Berdasarkan masalah tersebut untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa digunakan model Student Teams Achievment Division (STAD) dikombinasikan dengan Model Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dan Puzzle Amplop.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif drngan jenis Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus, masing-masing siklus memiliki 2 pertemuan. Setiap pertemuan peneliti melaksanakan langkah-langkah PTK yaitu perencanaan kegiatan, tindakan pelaksanaan dari kegiatan yang direncanakan, pengamatan terhadap aktivitas guru dengan indikator keberhasilan 82%, aktivitas siswa indikator keberhasilan 81%, dan hasil belajar 81% mendapat kriteria tuntas secara klasikal dengan KKM 65, dan refleksi dari kegiatan yang telah diamati pada kelas 5A SDN Basirih 3 Banjarmasin dengan jumlah siswa 20 orang, 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki.

Berdasarkan penelitian pada akhir siklus I didapatkan hasil yaitu aktivitas guru mendapat skor 29 dengan kriteria baik, pada siklus II yaitu aktivitas guru mendapat skor 35 dan dengan kriteria sangat baik Pada siklus I persentase aktivitas siswa 63,1% dengan kriteria aktif, dan pada siklus II aktivitas siswa 96,75% dengan kriteria sangat aktif. Pada siklus I persentase tuntas hasil belajar 47,37% dan pada siklus II persentase tuntas hasil belajar 90%.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa penelitian yang dilaksanaka menggunakan model Student Teams Achievment Division (STAD) dikombinasikan dengan model Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dan Puzzle Amplop baik dari aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar meningkat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif pemilihan model pembelajaran terutama pada materi Iklan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI