DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI DAN PAIR CHECKS (PASANGAN MENGECEK) DENGAN ALAT PERAGA KIPAS LIPAT PADA SISWA KELAS IVA SDN BASIRIH 3 BANJARMASIN
PENGARANG:RISKA MARLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


ABSTRAK

 

Marliani, Riska. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Sudut Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri dan Pair Checks (Pasangan Mengecek) dengan Alat Peraga Kipas Lipat Pada Siswa di Kelas IVA SDN Basirih 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Prasekolah dan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pengukuran Sudut, Inkuiri, Pair Checks, Alat Peraga Kipas Lipat.

 

Permasalahan dalam penelitian ini siswa masih rendah dalam hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya materi pengukuran sudut, penyebabnya yaitu siswa kurang teliti dalam mengerjakan tugas, kurang kerjasama dalam bepasangan, kurang menguasai cara mengukur sudut, solusinya adalah menggunakan kombinasi model Inkuiri dan Pair Checks (Pasangan Mengecek) dengan Alat Peraga Kipas Lipat, tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivititas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Pendekatan kualitatif, jenis penelitian Tindakan Kelas, Penelitian ini dilakukan II siklus, Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas IVA SDN Basirih 3 Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kabupaten Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Pada semester II, tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa/i kelas IVA sebanyak 21 orang terdiri dari 12 siswa dan 9 siswi, indikator keberhasilan aktivitas guru dalam pembelajaran jika memperoleh kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai ≥80% dengan nilai rata-rata ≥65.

Berdasarkan penelitian pada akhir penelitian didapatkan hasil yaitu aktivitas guru mendapat skor 27 dengan kriteria sangat baik, persentase aktivitas siswa 95% dengan kriteria sangat aktif, dan hasil presentase tuntas hasil belajar 95%.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa penelitian yang dilaksanakan menggunaka kombinasi Model Inkuiridan Pair Checks (Pasangan Mengecek) dengan Alat Peraga Kipas Lipat baik aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar meningkat sesuai hasil penelitian pada akhir penelitian.

Disarankan pada guru, kepala sekolah dan penelitian lainnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif, khususnya dalam meningkatkan pada pembelajaran matematika dengan materi pengukuran sudut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI