DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH PADA KELAS IVA SDN BASIRIH 3 KECAMATAN BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:SITI HADIJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


ABSTRAK

Hadijah, Siti. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Make A Match Pada Kelas IVA SDN Basirih 3 Kecamatan Banjarmasin Barat. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata Kunci : Hasil Belajar,Kayanya Negeriku, Group Investigation, Numbered Heads Together Dan Make A Match.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IVA SDN Basirih 3 Kecamatan Banjarmasin Barat terhadap muatan IPS Tema Kayanya Negeriku. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami dan mengingat materi pembelajaran sehingga siswa kurang bisa menerapkan dikehidupan sehari-hari, selain itu siswa juga kurang percaya diri, kurang aktif dan tidak mau bekerja sama, ada juga masalah yang dihadapi yaitu siswa juga tidak mau mengemukakan pendapatnya. Sehingga mendapat solusi yaitu dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Make A Match.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus.  Setting penelitian dilakukan di SDN Basirih 3 pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 orang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada pelajaran IPS tema kayanya negeriku. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Group Investigation, Numbered Heads Together Dan Make A match,dapat diketahui aktivitas guru dari siklus I kriteria baik, siklus II baik, siklus III sangat baik, dan siklus IV sangat baik. Aktivitas siswa siklus I kriteria cukup aktif, siklus II aktif, siklus III aktif dan siklus IV sangat aktif. Hasil belajar siswa mencapai indikator  keberhasilan yang diharapkan, pada aspek kognitif siklus I cukup, siklus II baik, siklus III mencapai sangat baik dan siklus IV mencapai sangat baik. Pada aspek afektif siklus I kriteria sudah berkembang siklus II sudah membudaya, siklus III sudah membudaya dan siklus IV sudah membudaya. Pada aspek psikomotorik siklus I kriteria baik, siklus II baik, siklus III sangat baik dan siklus IV sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi Group Investigation, Numbered Heads Together dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi Group Investigation, Numbered Heads Together dan Make A Match dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interkasi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI