DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN MUATAN IPS MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE, THINK PAIR SHARE (TPS) DAN REWARD AND PUNISHMENT PADA KELAS V SDN KUIN SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR ASIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


Asiah, Noor. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan dengan Muatan IPS Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Generative,Think Pair Share (TPS) dan  Reward and Punishment Pada Kelas V SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd.

Kata kunci: Aktivitas Belajar, Generative, Think Pair Share dan Reward and Punishment.

      Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Karena kurangnya minat dan motivasi, kurang percaya diri dalam menyampaikan argumen dan tidak memperhatikan secara penuh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan muatan IPS.

    Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah  peserta didik kelas V SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin dengan jumlah 33 peserta didik menggunakan kombinasi model pembelajaran generative, think pair share, dan reward and punishment.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Jika diterapkan kombinasi model pembelajaran Generative  dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Reward and Punishment, maka aktivitas belajar peserta didik Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan muatan IPS  kelas V Sekolah Dasar Negeri Kuin Selatan 4 Banjarmasin meningkat.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Generative, Think Pair Share dan Reward and Punishment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas peserta didik yang berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI